Untukmu, mama..


Ketika di luar sana, banyak anak yang sibuk mempersiapkan kado spesial untuk ibunya di hari ibu, saya hanya diam di rumah, bersantai, dan menganggap tak ada yang spesial. 
 
Yep, saya bukanlah anak perempuan yang dapat dengan mudahnya menunjukkan rasa sayang kepada orang tua, terutama seorang ibu. Entah mengapa, kata-kata “Mah, selamat hari ibu. Ini kado untuk mama”, seperti yang biasa diucapkan kebanyakan anak ketika hari ibu tiba, sangat sulit untuk terucap olehku. Jangankan kata-kata seperti itu, bahkan ketika banyak anak yang dapat menunjukkan kasih sayang pada ibunya dengan kata-kata “I love you, Mom” pun sangat sulit kuucapkan secara langsung dihadapannya.

Segan? Malu? Mungkin. “I always spare my time with you, Mom, but I’m too shy to say I love you”. Saya tidak terbiasa untuk mengucapkan kata-kata sayang pada orang tua, sekalipun itu pada mama. Bahkan bermanja-manja dipangkuan dan dipelukan mama pun saya jarang melakukannya. Bukan karena mama tidak memanjakan aku, malah mama sering ingin menciumiku, memelukku, memanjakanku dipangkuannya, tapi saya yang menolaknya. “Saya bukan anak kecil lagi”, pikirku. Menurutku, hanya anak kecil yang bermanja-manja dipelukkan ibu. Ya, ini hanya sekedar opiniku semata. 

Seingat saya, setiap moment hari ibu tiba, jangankan menyiapkan kado, bahkan ucapan ‘selamat’ pun tidak saya berikan. Mungkin banyak yang berpikir dan berpendapat bahwa saya bukanlah anak yang baik, tidak berusaha menyenangkan hati seorang ibu. Terserah orang mau berpendapat seperti apa. Itu hak mereka. Dan inilah saya. Mereka tidak tahu saja bagaimana cara saya untuk membuat ibuku bangga memiliki anak seperti saya. 

“Mah, jangan mengharapkan kata-kata yang puitis keluar dari bibirku, karena itu sulit. Mungkin saat ini saya belum bisa membuatmu bangga, tapi saya berjanji, suatu saat nanti saya akan membuatmu bangga memilikiku.”

Saya memang tidak seperti anak-anak lain yang dapat secara langsung mengungkapkan cinta kasihnya pada ibu mereka, tapi yang perlu Mama tahu, in deep of my heart, I wanna say:
“Saya sangat mencintaimu, Mah..”

up