Bencana di Negeri Sakura

Barusan saya searching tentang berita mengenai berbagai musibah yang terjadi di Jepang, dan berikut adalah beritanya..



"Berita terkini terjadinya Gempa kami lengkapi dengan Video Tsunami di jepang akibat dari kekuatan Gempa sekitar 8,8 SR pada Jumat, 11 Maret 2011. Sebelumnya telah terjadi gempa namun tidak sebesar gempa susulan tersebut. Gempa kali ini langsung disusul dengan gelombang tsunami setinggi 4 meter lebih tersebut meluluh lantakkan daerah wilayah timur laut Jepang.

Kejadian Gempa dan Tsunami di Jepang

Kantor berita Associated Press melaporkan tentang kejadian Gempa dan Tsunami di jepang ini, bahwa Gempa sudah terasa pada pukul 14.46 waktu setempat. Sekitar selang 30 menit kemudian terjadi gempa susulan dengan kekuatan 7,4 SR. Namun menurut pantauan Badan Survei Geologi AS menilai bahwa gempa pertama berkekuatan 8,8 SR dengan berpusat di kedalaman 24,3 km sekitar 130 km di sebelah timur Sendai di pulau utama Honshu Jepang. Gempa besar tersebut beresiko terjadinya Tsunami di Jepang.
Setelah kejadian gempa dengan kekuatan 8,8 SR tersebut yang menimpa Jepang, pihak Badan Meteorologi Jepang langsung mengeluarkan peringatan tsunami diseluruh daerah pesisir pantai timur Jepang, yang menghadapi Samudera Pasifik. Ternyata peringatan Tsunami di jepang tersebut bukan hanya untuk negara itu, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii telah menyatakan peringatan Tsunami akibat gempa di jepang untuk beberapa negara antara lain, Rusia, Pulau Marcus, dan Kepulauan Mariana.
Selain beberapa negara diatas, peringatan Tsunami akibat gempa di jepang juga dikeluarkan untuk negara lain, termasuk indonesia, Guam, Taiwan, Filipina, dan untuk negara bagian Hawaii, AS. Bahkan dampak tsunami di jepang akan dirasakan sekitar 20 negara yang ada di dunia terutama yang dekat dengan posisi jepang.

Gempa ini merupakan yang terbesar selama 140 tahun sejarah kegempaan di Jepang, apalagi ditambah dengan gelombang tsunami di jepang yang dahsyat tersebut, tinggi gelombang tsunami yang menghantam jepang di perkirakan lebih dari 10 meter.


Kejadian gempa di jepang dengan kekuatan 8,8 SR serta disusul gempa susulan sebanyak 5 kali membuat wilayah sebelah timur Sendai di pulau utama Honshu Jepang membuat gedung-gedung sekitar terasa terus bergetar selama 30 menit. Selain itu juga akibat gempa tersebut terjadi kebakaran di kilang minyak Cosmo di kota Ichihara di prefektur Chiba dekat Tokyo."


Selain gempa dan tsunami, saya juga mencoba searching berita mengenai PLTN yang kini menjadi ancaman warga Jepang.. 



"Sabtu, 12/03/2011 17:37 WIB
Reaktor Meledak, Jepang Waspada Ancaman Radiasi Nuklir


Tokyo - Pasca meledaknya reaktor nuklir nomor 1 di Fukushima, bahaya radiasi mengancam warga Jepang. Meskipun warga dengan radius 10 km telah dievakuasi, namun otoritas setempat tetap mengimbau semua warga untuk tetap di dalam rumah dan menghindari keluar tanpa menutupi kulit.

Seperti dilansir oleh AFP, Sabtu (12/3/2011), ledakan pada reaktor nuklir dan asap yang mengepul keluar dari reaktor dikhawatirkan menyebarkan bahaya radioaktif melalui udara.

Melalui stasiun televisi setempat, masyarakat Jepang diminta untuk tetap di rumah, mematikan AC dan tidak meminum air langsung dari keran. Hal ini untuk menghindari ancaman kontaminasi radioaktif.

Bagi warga yang hendak keluar rumah, pemerintah mengimbau mereka untuk mengenakan jaket dan baju yang menutupi seluruh tubuh, termasuk juga mengenakan masker dan handuk basah.

Zona evakuasi pun diperluas dari sebelumnya 10 km dari reaktor menjadi 20 km. Warga-warga yang masuk dalam zona itu akan dievakuasi.

Diketahui bahwa ledakan pada salah satu reaktor nuklir di Fukushima terjadi pada sekitar pukul 15.30 waktu setempat. Reaktor terbakar hebat dan asap pekat pun langsung membumbung tinggi ke angkasa. Bangunan reaktor dilaporkan hancur akibat ledakan.

Pihak operator Tokyo Electric Power Co (Tepco) membenarkan ledakan ini. Mereka juga menyatakan bahwa atap bangunan reaktor nuklir telah runtuh.

Tepco juga membenarkan bahwa 4 orang pekerjanya menjadi korban ledakan ini. Namun, disebutkan bahwa luka yang dialami tidak begitu parah. Keempatnya masih berhasil selamat.

Sementara itu, tangan kanan Perdana Menteri Naoto Kan, Sekretaris Kabinet Jepang, Yukio Edano dalam sebuah konferensi pers menyatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan tim penyelamat hiper dari Pemadam Kebakaran Tokyo langsung ke lokasi ledakan.

Edano mengatakan, pemerintah tengah mengambil langkah-langkah darurat terkait hal ini. Di samping, juga mengumpulkan yodium, yang bisa digunakan untuk melawan penyakit radiasi.

Edano menambahkan, pemerintah tengah melakukan upaya investigasi untuk mengatasi dampak ledakan ini. "Kami tengah menyelidiki penyebab dan juga situasinya, kami akan mengungkapkannya kepada publik setelah ada informasi lebih lanjut," ujar Edano seperti dilansir Reuters."


source: Detik News




Dahsyatnya Tsunami di Jepang
Gambar: detikfoto

Dengan tekhnologi Jepang yang memang telah diakui dunia, masyarakat di berbagai belahan dunia pun dibuat terpana dengan menyaksikan detik demi detik bagaimana ketika gempa mulai mengguncang, sampai perjalanan tsunami menyapu segala hal yang dilewatinya. Stasiun televisi Jepang pun berhasil merekam bagaimana ketika pusaran besar terbentuk di tengah lautan hingga  ketika tsunami mulai menyapu negeri sakura itu.

Satu hal yang dapat kita pelajari dari Jepang, yakni KESABARAN. Betapa tidak, ketika di negara lain, yang ketika dilanda bencana, banyak terjadi penjarahan, kericuhan demi mendapatkan bantuan, masyarakat Jepang yang mengalami cobaan yang datang bertubi-tubi, yakni dilanda tiga bencana sekaligus, mulai dari gempa, disusul tsunami, dan juga ledakan nuklir, hingga ancaman radiasi nuklir yang bila terpapar  akan menimbulkan berbagai penyakit yang amat mengkhawatirkan, mereka masih dapat dengan sabar menghadapi semua cobaan itu. Mereka tetap tertib ketika mengantri bantuan logistik, tertib ketika mereka dievakuasi ke tempat penampungan, tidak ada kericuhan, tidak ada penjarahan. Hal itulah yang patut dicontoh oleh warga masyarakat di negara lain. Di tengah musibah, kalian memberikan satu pelajaran lagi bagi seluruh dunia, bangkitlah Jepang..


Ketegaran Jepang memukau dunia...

up