Derita Mahasiswa Tingkat Akhir

Yep, derita mahasiswa tingkat akhir. Gini nih resiko mahasiswa tingkat akhir, harus siapin fisik dan mental yang kuat, sekuat baja (oke, ini lebay haha). Gimana ngga? Di tingkat akhir, apalagi semester VI kaya gini, masa-masa sibuknya Praktek Kerja Lapangan (PKL), huufft..

Perasaan baru kemaren-padahal udah sebulan lalu-deh ke Malang, PKL MAGK (Manajemen Asuhan Gizi Klinik). Hari Minggu kemaren baru aja balik dari Malang, baru nyampe di rumah dan di kamarku tercinta, eh senen besok udah mau ngelancong lagi ke kota orang, ninggalin kamar, rumah, mama, papa, adik dan keluarga (lagi). Kurang lebih cuma seminggu di rumah, di Makassar :| Yep, senen besok aku dan temen-temen gizi 09 dan empat senior 08 bakal ke Wajo, Sengkang, Sulawesi Selatan buat PKL desa. 

Koper yang kemaren dari Malang aja belom aku beresin, baju-bajunya belom pada dikeluarin, eh besok mesti packing buat ke Wajo lagi. Mana senen mesti ngumpul di kampus  subuh-subuh lagi -__-" Yaa, tuntutan profesi (halah), nasib mahasiswa tingkat akhir yang super duper sibuk :(


Pengalaman pas PBL di sana, November 2011 kemaren, balik ke Makassar, aku malah tambah item. 
"hhuuuaaa, ntar kalo balik dari PKL desa, gua item lagi dooong :(". 
Padahal pas balik dari Malang, mama dan temen-temen bilang kalo aku tambah putih dan agak gemukan loh uuhhhh. Di Wajo sih enak, makanannya terjamin, kita makmur untuk urusan perut, secara yang punya rumah (salah satu kader posyandu) punya kebun sendiri, jadi tiap abis ngambil data, nyampe rumah pasti udah disiapin ubi goreng, es buah, banyak deh pokoknya, makmur. Tapi airnya itu looohhh, keruh, ditambah lagi cuacanya yang panasnya kebangetan, err..

Well, semua yang kita putuskan di awal, pasti akan ada resikonya, termasuk sekarang ini, aku dulu mutusin untuk kuliah, yaa mau ngga mau sekarang mesti siap ngejalanin PKL-nya juga. Semua toh demi masa depan aku juga, alrite? :)

Satu yang pasti, 
TUHAN BERSAMA MAHASISWA TINGKAT AKHIR ^__^


up